3 Sistem Operasi Terpopuler Linux, Mac & Windows. Mana yang terbaik??


Linux, Mac atau Windows, manakah yang terbaik??


Hallo Gaes! Bukanya bermaksud membanding-bandingkan antar sistem operasi, tetapi saya hanya mencoba untuk menyalurkan opini saya mengenai 3 Sistem Operasi Terpopuler saat ini, yaitu Linux, Mac & Windows. "Mana yang paling baik diantara 3 sistem operasi ini?"
Terlalu sulit memang untuk menilai, namun bagi saya yang mencukupi kebutuhan dan nyaman untuk digunakan itulah yang terbaik. Masing-masing pengguna memiliki alasan tersendiri untuk menyukai/fanatik dengan salah satu OS, saya pun juga demikian.

Windows adalah sistem operasi buatan microsoft dan OS ini lah yang memiliki basis pengguna terbesar untuk pasar konsumen. Apa kelebihan OS Windows? Seorang pengguna windows mengatakan bahwa windows adalah OS yang paling user friendly atau paling mudah digunakan, benarkah demikian? Menurut saya tidak sepenuhnya benar, karena mudah atau tidak itu relatif. Windows memiliki dukungan yang cukup banyak dari pengembang software komersial, mungkin alasan inilah yang menyebabkan banyak pengguna memilih OS Windows.

Selain itu OS windows memiliki dukungan lebih baik dari produsen hardware, benarkah?? Menurut saya benar, jarang ada hardware komputer yang tidak kompatibel terhadap OS windows. Satu lagi kelebihan windows yang belum dapat disaingi OS lain, yaitu ketersediaan Video Game di platform windows paling banyak dibanding dengan Sistem Operasi yang lain, ya meskipun saat ini sudah yang mulai berkembang di Mac atau linux.

Windows 7,yaitu versi windows yang diklaim merupakan versi windows terbaik yang pernah diluncurkan bahkan menjadi Sistem Operasi terbaik versi majalah CHIP, mengalahkan MacOS dan Kubuntu dari Linux. Kalo menurut saya sih, terbaik menurut majalah CHIP belum tentu terbaik menurut pengguna komputer. OS Windows masih menjadi target utama serangan virus komputer, jadi siapin aja antivirus yang ampuh bin terupdate untuk meminimalisir kerusakan sistem komputer akibat ‘serangan’ virus. Saat ini microsoft telah merilis windows versi terbarunya, yaitu Windows 10.

Linux adalah sistem operasi unix-like yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dari Minix. Sistem operasi ini berlisensi free dan open source. Free disini bukan berarti gratis lho ya…, Free disini berarti bebas diapa-apain, di modifikasi dan di distribusikan kembali sesuai kebutuhan. Saat ini, linux dikembangkan oleh berbagai komunitas dan menghasilkan beraneka jenis distro linux. Banyaknya distro ini bisa jadi pedang bermata dua, kok bisa?

Sisi positifnya, pengguna memiliki banyak pilihan untuk sistem operasi linux dan menggunakan distro linux yang sesuai selera dan kebutuhanya. Sedangkan sisi negatifnya, pengguna awam akan bingung memilih distro mana yang akan digunakan. Di indonesia, Linux cukup dikenal bahkan telah ada beberapa distro karya anak bangsa seperti Igos, blankon dan Garuda OS.

"Apa sih kelebihan Sistem operasi Linux?" Kelebihanya banyak, terutama lisensinya yang bersifat free dan open source. Bagi yang suka ngoprek, coding, hacking sangat cocok menggunakan linux, karena mengutak-atik source code linux tidak melanggar hukum. Kelebihan yang lain adalah kelengkapan software yang dibawa dan siap pakai, maksudnya?

Linux telah dilengkapi dengan software-software yang dibutuhkan untuk komputasi harian, jadi setelah instalasi linux, tidak perlu lagi install office dan software dasar lainya, karena sebagian besar distro mayor telah menyertakanya. Linux juga OS yang tangguh untuk kelas server, percaya atau tidak microsoft mengunakan linux untuk search engine Bing.com. Menurut saya, Linux juga memiliki kekurangan.

Linux bukan OS yang baik bagi Gamers, dukungan developer game komersial untuk linux sangat minim. Bagi sebagian orang yang telah terbiasa dengan windows, menganggap bahwa pengoperasian linux sulit, benarkah? Emm ndak juga, sulit atau mudah itu relatif. Mungkin windows terasa lebih mudah karena sejak awal hanya dikenalkan pada windows, kalau sejak awal menggunakan linux pasti lain lagi ceritanya.

Macintosh atau yang sering disebut Mac OSX adalah sistem operasi besutan Apple. Mac juga termasuk dalam kategori unix-like seperti linux, kok bisa? Ternyata eh ternyata macintosh dikembangkan dari BSD yang merupakan salah satu turunan dari unix. OS ini memiliki GUI yang indah serta performa yang baik. Daya tarik lain dari OS ini adalah brand apple-nya, mengapa?

Brand apple sendiri memiliki image eksklusif, mewah dan desin produk-produknya yang keren. Jarang produk apple yang tidak menjadi fenomena atau booming, lihat saja keberhasilan ipod, iphone dan Macbook-nya. Selain itu, banyak orang yang bilang, MacOSx cocok untuk para designer grafis dan editing musik. Benarkah?

Gak tau juga sih, saya sendiri belum pernah nyoba pake Mac buat editing dan sebagainya, tapi udah nyoba sih pegang Macbook di pameran komputer (haha..  Gak ngaruh keles!! :D :D ) . Dukungan vendor software komersial untuk Mac ini lebih baik dari pada Linux, lihat saja keluarga Adobe, Ms Office tersedia untuk versi Mac, bahkan Photoshop waktu pertama kali muncul hanya mendukung Sistem Operasi Mac.

Bagaimana dengan hardware?

Dukungan produsen hardware terhadap Mac cukup baik, cukup banyak produsen hardware yang menyediakan driver hardware untuk Mac. Mac juga menyediakan fitur-fitur yang inovatif dan powerfull, lihat saja fitur dock, time machine dan spaces.

Apa kelemahan Mac?


Yang saya ketahui adalah, Mac banyak memakan tempat di memory (RAM) saat dijalankan, penggunaanya rata-rata menurut majalah CHIP, 635mb, cukup banyak bukan? Bandingkan dengan windows 7 (550mb) atau kubuntu (280mb). Mac juga termasuk sistem operasi yang mahal bagi sebagian orang.


Jadi manakah sitem operasi terbaik Menurut Saya?

Menurut saya, Windows dan Linux. Mungkin bukan yang terbaik, tapi yang paling nyaman untuk saya gunakan sehari-hari. Windows, tau sendiri lah alasanya, tetapi hal yang membuat saya menyukai Sistem operasi Linux terutama adalah GUI nya, saya suka OS dengan GUI indah dan customizeable, apalagi compiz-fusionya yang keren dan cukup membantu ketika bekerja dengan banyak jendela di beberapa desktop.


Selain itu, Linux lebih aman dari serangan virus dan malware, membuat saya selalu merasa aman. Linux terdiri dari beraneka ragam distro dan masing-masing memiliki rasa yang berbeda walau intinya sama, membuat saya tidak bosan dengan OS ini, tak hanya distronya yang bermacam-macam, desktopnya pun beraneka ragam, mulai dari KDE, Gnome, Xfce, FluxBox dan banyak lagi, sehingga saya tidak bosan dengan tampilan OS ini.

Linux mudah digunakan untuk komputasi harian, sama mudahnya dengan Windows. Coba aja distro mandriva, PCLOS atau Ubuntu, sangat mudah digunakan. Untuk menggunakan OS ini secara legal, saya hanya mengeluarkan uang maksimal 20 ribu untuk download dan burning cd/dvd installer, murah n legal. Linux murah n powerfull tapi kok jarang ada yang make?

Dari segi biaya setup nya, biaya untuk menggunakan Linux legal dan OS komersial tapi bajakan kurang lebih sama, mungkin ini salah satu sebabnya(terutama di Indonesia).

Mana yang terbaik buat Kalian? 

Ditunggu komentarnya ya…  :D
Hehe