Cara Membuat Rangkaian Regulator 5 Volt Arus 3 Ampere

komponen elektronika

Cara membuat rangkaian regulator 5 volt dengan keluaran arus 3 ampere ini cukup mudah. Kita hanya butuh IC regulator dan beberapa komponen lain. IC ini memiliki 3 pin konektor, yaitu (+ in), (ground), dan (- out). Seri yang digunakan umumnya LM 78xx pada jalur positif, dan LM 79xx untuk jalur negatif. Jika anda akan menggunakan IC ini dengan arus keluaran yang tinggi misal di atas 3 ampere, andsa harus menambahkan transistor pada skema rangkaian. Anda bisa lihat T2 pada skema dibawah.

Tanpa menggunakan transistor tambahan seperti pada gambar, maka kerugian daya akan sangat besar. Karena IC regulator hanya mampu meneruskan arus maksimal 500 mA saja. sehingga jika arus yang diberikan terlalu besar IC akan panas dan tentu saja daya yang hilang semakin besar. Maka dari itu penambahan transistor sangat di perlukan untuk mengatasi kerugian daya.


Pada rangkaian dibawah, fungsi T1 adalah untuk membatasi arus atau sebagai pengaman. Saat tegangan pada R2+R3 tiba-tiba naik atau lebih tinggi dari 0.6 s/d 0.7 V, maka T1 akan terbuka (tidak terhubung), sehingga Basis T2 tidak ada arus. Tegangan saat rangkaian pengaman bekerja diperoleh dari penjumlahan tegangan pada R2 dan R3. R3 dan R4 membentuk rangkaian pembagi tegangan T2.

regulator arus besar

Sekian pembahasan kali ini, Terimakasih...
sumber: internet