Penjelasan Fungsi dan Instalasi Antivirus Update terbaru

apaitu antivirus
Halo Pembaca, kali ini kami akan mengulas tentang Apa yang disebut dengan Antivirus?, mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini apalagi pengguna System Oprasi Windows yang merupakan aplikasi wajib untuk menjaga keamanan PC atau Notebook dari serangan virus.

Akan tetapi saya jumpai banyak teman saya tidak menggunakan antivirus karena berbagai alasan, entah karena datanya ilang lah, aplikasi ini itu ilang lah, dan alasan-alasan lainya.

Pengertian antivirus itu sendiri adalah sebuah Software yang digunakan untuk melawan atau menghilangkan virus dari computer agar tidak melakukan kerusakan pada system computer kita. Antivirus bekerja dengan mengandalkan DATABASE.


Artinya dia dapat mengenali sebuah virus jika dalam DATABASE terdapat jenis virus yang sedang dihadapi. Saat proses scaning kode-kode program atau file dalam computer akan dicocokan dengan kode yang ada dalam DATABASE.

Semakin besar DATABASE, bisa dikatakan semakin bagus, namun ini akan mengakibatkan konsumsi RAM lebih banyak sehingga PC akan terasa berat / lemot apalagi jika di dalam nya terdapat fitur tambahan yang banyak, maka akan semakin memperberat kerja PC.


Maka dari itu tentu saja membutuhkan dukungan kapasitas RAM yang cukup besar. Pada perkembangannya, antivirus dibekali dengan metode heuristik, dimana dia akan mencoba menganalisa sebuah program dengan cara sepotong-sepotong.


Jika ada bagian yang dianggap berbahaya, maka file/program tersebut akan dieksekusi (bisa dihapus atau di karantina). Hal ini sangat berguna terutama untuk berjaga-jaga jika antivirus belum update dengan database terbaru. Namun pada praktiknya, sistem ini banyak mengalami kendala, karena seringnya muncul kesalahan deteksi atau FAKE ALARM.

Kesalahan inilah yang menyebabkan banyak pengguna computer tidak memasang antivirus di computer mereka dengan alasan karena setelah itu file/program banyak yang hilang atau tidak mau berfungsi.


Mereka menyangka bahwa antivirus lah yang menyebabkan file/program itu menjadi hilang, padahal sebenarnya file/program itu hilang karena sudah terinfeksi dengan virus dan tidak ada salahnya jika file/program itu dihapus oleh antivirus.

Perlu di ketahui juga Antivirus dapat bekerja secara optimal jika aktivitasnya tidak kalah cepat dengan aktivitas virus, misal sebuah PC belum tertular virus dan antivirus sudah aktif, maka ketika ada virus yang mencoba masuk, akan dieksekusi langsung.


Beda ceritanya jika kalah cepat dengan aktivitas virus, maka dia akan lemah. Biasanya dia tidak dapat mengeksusi virus secara tuntas, real timenya dapat dimatikan, blind detection/gagal deteksi bahkan hingga gagal berfungsi atau mati.

Sebagai contoh ada komputer terinfeksi virus sality duluan (padahal hanya sality dengan varian paling rendah), ketika dicoba diinstal smadav dan berhasil, saat membuka sebuah drive, smadav selalu menemukan cloning virus dan mengeksusinya, tapi ketika membuka drive lain dan kembali ke drive awal tadi, tetap saja masih ada virus tersebut.


Begitu juga dengan software yang lain, jadi jangan salahkan antivirusnya dulu sebelum kita memahami cara kerja dan kronologinya.

Antivirus dikatakan BAGUS jika dia mampu mengeksekusi serangan virus dan dapat merepair file file yang sudah terinfeksi, namun kebanyakan hal ini tidak dapat dilakukan secara baik, karena file yang sudah terinfeksi umumnya akan gagal repair dan dipindah ke karantina.


Untuk mengatasi masalah itu kami sarankan untuk :

  • Jika anda punya computer baru atau mungkin computer lama, setelah instal ulang usahakan langsung untuk memasang Software antivirus. Agar virus tidak lebih dulu menyelinap di computer anda. 
  • Selalu update database software anda, agar dapat mengenali variant virus terbaru.
  • Perhatikan masa lisensi antivirus, jika lisensi mati otomatis realtime protection juga mati sehingga perlindungan tidak ada 
  • Jangan sering sering men-disable realtime protection, terutama jika akan mencolokkan flashdisk atau terhubung dengan internet 
  • Jangan paksa kerja computer anda dengan memasang antivirus terlalu banyak, idealnya 1 pc = 1 antivirus atau 2 antivirus dengan komposisi antivirus lokal dan non-lokal. 
  • Jadwalkan scaning secara berkala, minimal 1 bulan sekali. Tujuanya untuk membasmi virus yang mungkin lolos dari system-Realtime Protection
Bukan nya bermaksud promosi atau apa, kami hanya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang software antivirus yang ampuh dan pernah kami coba. Hingga saat ini kami hanya menggunakan 1 Software antivirus yaitu AVAST Premier.

Menurut kami software ini ampuh dalam menangani virus seperti sality, virus shortcut, Worm,dll hanya dengan proses sekali scaning. Untuk software antivirus yang lainya silahkan anda baca pada artikel lainya di Blog ini.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini, semoga yang sedikit di atas dapat bermanfaat bagi anda.
Sekian Terimakasih.