Cara mempercepat Koneksi Internet dengan Optimasi Hardware

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang Tips cara mempercepat koneksi internet dengan optimasi hardware. Sebelumnya, beberapa waktu lalu kami juga telah menulis artikel tentang Cara mempercepat koneksi internet dengan optimasi Software. Silahkan nanti anda cari artikelnya setelah selesai membaca artikel ini atau mungkin yang tadi sudah sempat baca semoga pembahasan ini dapat menambah pengetahuan anda.

Bagi anda yang suka internetan pasti kerap merasa jengkel jika koneksi internetnya lemot. Khususnya bagi pengguna USB Modem yang memanfaatkan jaringan Broadband. Hal itu bisa disebabkan karena penerimaan sinyal pada USB Modem anda yang kurang baik atau karena ISP yang anda gunakan memang kecepatan aksesnya bisa dibilang memprihatinkan karena Kuota habis atau karena hal yang lain. Hehe…

Langsung saja pada inti pembahasan, sebenarnya optimasi Hardware yang kami maksud adalah pengoptimalan Hardware (USB Modem) untuk dapat menangkap sinyal dengan daya tangkap yang semaksimal mungkin. Sehingga dengan kekuatan sinyal yang baik dan kuat koneksi Internet akan secara otomatis dimaksimalkan. Tapi perlu di ingat, hal ini tidak dapat meningkatkan kecepatan melebihi kecepatan yang di sediakan oleh ISP yang anda gunakan.

Caranya adalah dengan membuat Wajan Bolic. Apa itu Wajan Bolic?

Wajan Bolic adalah sebuah antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan. Apa WAJAN…!!?? . Iya benar, antenna ini memang memanfaatkan Wajan untuk membuatnya. Fungsi nya hampir sama dengan Antena Grid, bedanya hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya.

Antena grid atau Antena Satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah mahal, mungkin bisa 2 atau 3 juta-an. Sementara Wajan Bolic hanya membutuhkan biaya kurang dari Rp 200.000,- . Dengan fungsinya yang hampir sama dengan antena Grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan antena reciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz, dan hebatnya lagi, Wajan Bolic adalah karya anak Indonesia, Wow keren kan?

Dengan daya tangkap frequency yang tinggi, Antena ini sering di manfaatkan sebagai Penguat Sinyal GPRS, 3G, GSM, CDMA, Modem, Wireless dan Internet. Tak jarang antenna ini sering dipakai untuk menembak sinyal Wifi dari jarak jauh, bahkan hingga lebih dari 10 Km. Keistimewaan dari Antena Wajan Bolic adalah dapat dibuat sendiri dengan biaya yang cukup murah.



Lihat gambar skema berikut.


keterangan gambar :
Dw = diameter wajan
Dw = kedalaman wajan
D = diameter PVC
L = panjang PVC
S = jarak antara USB Modem dengan ujung PVC
“ ^ ” = pangkat

Untuk membuat anda perlu bahan sebagai berikut :



1. Wajan diameter 36 ? (semakin besar diameternya semakin bagus)

2. PVC paralon tipis ukuran 3” 30cm

3. Doff 3 “ 2 buah (tutup pipa PVC)

4. Aluminium foil

5. Baut + mur ukuran 12 dan 14

6. USB Wireless / USB Modem

7. Kabel USB Extension (panjang sesuai kebutuhan, bisa di beli di toko komputer)

Serta peralatan sebagai berikut :

1. Penggaris

2. Pisau/ Cutter

3. Gergaji besi

4. Bor (untuk melubangi wajan dan doff)

5. Kikir (Untuk memperbesar dan menghaluskan lubang wajan setelah di-Bor)

6. Cemilan sama teh + Musik Mp3 kesayangan.Hehe.. :D

Langkah pembuatanya adalah :

1. Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder-nya ( daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder-nya gunakan rumus :


F = Dw^2 /(16 dw)

Contoh : Wajan dengan Dw = 70 cm, dw = 20 cm, maka jarak titik focus dari center dish => F = 70 ^2 / (16 *20) = 15.3 cm (Bagian yang tidak diberi Alumunium Foil)

2. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan USB Wireless, sekitar 5cm dari ujung PVC. Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan aluminium foil pada daerah selain feeder.




3. Bor Doff yang satu untuk lubang baut yang akan di pasang di Wajan. Pada bagian doff yang di pasang pada ujung PVC harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil.


4.Masukkan USB Wireless pada lubang yang sudah di tandai tadi. Dan pasangkan doff tadi ke PVC paralon. Lalu sekalian wajan yang telah di lubangi tadi dipasangkan dengan doff yang lain, dan sebelumnya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran baut yang sudah di siapkan. Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon yang sudah lengkap dengan USB Modem tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.



5. Selesai, dan wajan bolic dapat dicoba. Arahkan pada tower terdekat anda.

Selamat mencoba!! :D

Catatan, jika anda menggunakan kabel USB eksternal yang terlalu panjang kemungkinan kecil USB modem anda akan tidak terdeteksi pada PC atau Laptop anda. Solusinya anda dapat menambahkan catu tambahan pada USB modem anda.


Sebenarnya selain menggunakan antenna Wajan Bolic, dapat juga menggunakan Bazoke Antene yang cara membuatnya juga mudah. Akan tetapi karena kami menulis sudah sangat panjang dan juga cukup lelah tentunya, mungkin akan dibahas pada Post berikutnya.

Sekian Terimakasih.