Sistem Digital Kini Semakin Diminati Dunia

sistem digital

Pengertian sistem digital adalah sistem elektronika yang setiap rangkaian penyusunnya melakukan pengolahan sinyal diskrit. Sinyal ini berupa deretan angka angka biner atau kode kode program yang diproses oleh rangkaian digital saat sistem itu bekerja. Sistem Digial terdiri dari beberapa rangkaian logika, komponen elektroika, dan elemen elemen gerbang logika untuk suatu tujuan pengalihan tenaga / energi.

Perangkat digital telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana tidak? Mulai dari alat komunikasi, yang sebelumnya masih menggunakan alat-alat tradisional maupun layanan surat via kontor pos kini sudah tergantikan dengan teknologi digital yang begitu canggih. Selain itu perkembangan gadget & komputer juga begitu pesat, pengembangan robot untuk riset penelitian ruang angkasa, peralatan medis hingga sarana transportasi, hiburan, dan masih banyak lagi.

Alasan penggunaan sistem digital dalam berbagai hal diatas adalah karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan sistem analog / konvensional. Berikut adalah keunggulan yang dimiliki sistem digital yaitu :

  •  Sistem digital secara umum lebih mudah dirancang

Teknologi digital menawarkan biaya yang lebih rendah, kehandalan (reability) lebih baik, pemakaian ruang yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah (lebih efisien). Hal ini dikarenakan komponen elektronika yang digunakan untuk membangun sistem digital berukuran lebih kecil dan ringkas. Terlebih lagi karena dikemas dalam sebuah chip kecil (Intergrated Circuit) sehingga dapat meminimalis ruang serta hemat dalam konsumsi daya.

  • Penyimpanan Informasi lebih mudah

Perkembangan teknologi micro chip sangat memberikan kemudahan dalam hal penyimpanan data. Bertolak dari teknologi sebelumnya dimana data disimpan dalam sebuah pita kaset atau kepingan kaset (Compact Disc) yang tidak jarang menimbulkan rasa khawatir dengan keamanan data yang disimpan. Dengan digunakanya sistem digital dalam penyimpanan data, keamanan dan kemudahan dalam menyimpan data lebih terjamin.

  • Lebih cepat dan lebih akurat dalam komunikasi data

Jaringan digital ideal untuk komunikasi data yang semakin berkembang. Pasalnya teknologi digital membuat kualitas komunikasi tidak tergantung pada jarak dan menyediakan kapasitas transmisi yang besar. Sistem komunikasi digital berhubungan dengan nilai-nilai (1 dan 0), bukan dengan bentuk gelombang seperti yang digunakan pada sistem Analog.

Nilai-nilai tersebut dapat dimanipulasi dengan rangkaian-rangkaian logika serta operasi matematika yang rumit bisa secara mudah ditampilkan untuk mendapatkan fungsi-fungsi pemrosesan sinyal atau keamanan dalam transmisi sinyal.

  • Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik

Sistem digital menawarkan aplikasi yang programable. Sehingga kebutuhan terhadap aplikasi dapat langsung dibuat programnya tanpa perlu merubah banyak terhadap hardware. Selain itu sistem digital mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi serta penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, teknologi digital sangat mumpuni & efisien dalam penyediaan informasi dan pengolahan data dibandingkan dengan sistem analog. Kecepatan proses dan akurasi data yang tinggi membuat teknologi ini begitu pesat berkembang. Hingga pada masanya dunia ini akan memasuki zaman digital dimana semua alat akan bekerja serba otomatis dan teknologi dengan sistem digital menguasai dunia.