6 Cara Mudah Bagaimana Menjadi Seorang Programer Hebat

Pemrograman adalah sebuah proses dari menulis, mengetes, memperbaiki (mencari bug/kesalahan), dan melakukan perawatan terhadap kode-kode yang membangun sebuah program komputer. Kode tersebut ditulis dalam berbagai macam bahasa pemrograman seperti bahasa C, ASCI, Paskal.dll untuk microcontroller, serta HTML, Java script, CSS untuk pemrograman Website.

Untuk dapat melakukan pemrograman, dibutuhkan keterampilan dalam bidang logika, alogaritma, Bahasa pemrograman, serta pengetahuan lain yang di perlukan seperti perhitungan matematika, desain,dll. Tujuan utama dari pemrograman adalah menciptakan sebuah program yang dapat melakukan perhitungan atau pekerjaan berdasarkan keinginan si pembuat program.



Perangkat yang di butuhkan untuk melakukan pemrograman :

Komputer

Komputer memiliki peran yang sangat penting dalam pemrograman karena dengan computer kita dapat menuliskan program yang kita buat. Tentunya dengan bantuan software programing seperti Code Vision AVR untuk memprogram IC keluarga AVR seperti IC ATMEGA-8, ATMEGA-16,dll. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa C yang merupakan Bahasa pemrograman tingkat rendah.

Selain untuk membuat program, computer juga dapat digunakan untuk membuat desain serta simulasi dari projek yang hendak di buat. Misal kita akan membuat robot line follower, sebelum robot itu dibuat kita dapat membuat simulasinya dengan bantuan software Proteus. Dengan software tersebut kita dapat mensimulasikan rancangan desain kita dengan sumber program dari CVAVR.

Downloader (untuk robotik/microcontroller)

Kata “downloader” pasti sudah tidak asing lagi bagi penguna computer. Namun downloader yang dimaksud bukan sebuah software yang dipakai untuk mendownload file dari internet, tetapi sebuah perangkat (hardware+software) untuk mendownload file dari computer ke alat yang akan dibuat khususnya yang menggunakan IC program atau lebih sering dikenal dengan Microcontroler.

Downloader untuk microcontroller dijual luas dipasaran dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Akan tetapi jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri juga bisa. Untuk membuat downloader sendiri komponen utamanya adalah IC ATMEGA yang sebelumnya sudah ditanam firmware untuk downloader dengan software ProgISP atau USBasp.

Software

Software sangat membantu dalam pemrograman, baikitu pemrograman microcontroller atau pemrograman website. Software sendiri juga merupakan sebuah program computer yang dibuat dengan tujuan untuk membantu programmer dalam membuat program. Selain membuat script program software juga membantu dalam pembuatan desain atau skema dari projek yang hendak dibuat.

Software yang biasanya digunakan oleh programmer biasanya CVAVR, Proteus, PCB Wizard, serta ProgISP & USBasp untuk programre robotic atau microcontroller. Sedangkan programmer website bisanya menggunakan Notepad++, Delpi, Java, Photoshop, serta aplikasi online seperti Webmaster, MOZ, dll untuk maintenance website secara online.

Target Pemrograman

Dalam membuat script program, hal pokok yang haris diperhatikan adalah target program itu dibuat. Dengan kata lain perangkat apa atau alat apa yang dituju atau yang akan di masuki program yang telah kita buat. Sehingga beda alat, beda fungsi, serta beda Bahasa yang digunakan akan membuat script yang di buat berbeda pula.


Target pemrograman biasanya adalah perangkat microcontroller yang menggunakan IC program seperti ATMEGA, dll atau perangkat display seperti LDC, Led Dot-Matrix, dan LED biasa yang disusun sendiri untuk display. Selain itu juga robot-robot hidrolik dalam meka tronika, atau robot line follower, robot Sumo, dll dalam kegiatan lomba robotic.

Tak kalah seru dengan berbagai hal di atas, target pemrograman yang populer di kalangan industri adalah website. Mengapa demikian?, seiring berkembangnya teknologi IT di dunia menyebabkan banyak industri yang melakukan bisnisnya melalui internet dengan antar muka sebuah website. Untuk menarik pelanggan tentu saja dibutuhkan desain web yang interaktif dan menarik.

Untuk memenui syarat itu maka dibutuhkan seorang programmer yang handal dan memiliki imajinasi yang tinggi untuk menyusun atau membuat script program yang ringan tetapi tampilan website tidak membosankan. Itu adalah tantangan bagi seorang programmer website, maka tak heran jika gaji seorang programmer sangat tinggi karena pekerjaanya memang sangat menguras pikiran.

6 Cara mudah menjadi seorang programmer

 


Dari video di atas kami ambil intinya, yaitu :
  • Pertama, belajar tentang Bahasa pemrograman
  • Kedua, test logika dan matematik
  • Ketiga, tingkatkan pengetahuan tentang pemrograman
  • Ke empat, Praktikan apa yang anda tau!
  • Kelima, buatlah sebuah maha karya
  • Terakhir, jangan mudah menyerah!
Itulah tips 6 Cara Mudah Bagaimana Menjadi Programer Hebat! yang dapat kami sampaikan. Kami harap dengan membaca artikel ini semangat anda menjadi seorang programmer dapat lebih termotivasi untuk terus maju dan pantang menyerah. Semoga Sukses..!!