7 fungsi Microsoft Excel Secara Umum yang Perlu Anda Tau

fungsi MS excel
Microsoft excel merupakan salah satu program yang berfungsi untuk melakukan pengolahan angka (Aritmatika). Selain itu MS office excel juga memiliki beberapa fungsi yang dapat di manfaatkan oleh pengguna untuk membantu dalam mengerjakan tugasnya.

Apa saja yang dapat dilakukan dengan MS Excel?, simak jawabanya dibawah ini.

Beikut adalah 7 Fungsi Microsoft Excel secara umum :

Pengolahan Data (Data Managemen)
Fungsi pengolahan data biasanya digunakan untuk mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum dari sebuah data. Contoh riilnya yaitu untuk menghitung jumlah keluar masuknya barang pada Perusahaan, dll.

Pembuatan Grafik
Excel dapat digunakan untuk membantu dalam memantau perkembangan suatu variabel tertentu dengan cara membuat grafik. Dengan menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard, kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita inginkan. Seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter.

Contoh pembuatan grafik biasanya digunakan untuk memantau perkembangan jumlah penduduk dalam satu tahun terakhkirkunjungan siswa ke perpustakaan selama satu semester, dan sebagainya.

Bidang Akuntansi (Administrasi)
Jika kalian mendengar kata akuntansi pasti kalian langsung mengarah pada seorang akuntan. Yah! Akuntan merupakan seseorang yang berhubungan dengan menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan dalam sebuah perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi.

Pembuatan Data Statistika
Statistika merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, penganalisaan, dan penarikan kesimpulan dari suatu data. Statistika dapat disajikan dalam bentuk diagram. Bisa berupa diagram batang, diagram lingkaran, maupun diagram garis.

Operasi Tabel
Melakukan input data dan pengolahan data pada sebuah tabel, karena pada dasarnya Ms.Excel memiliki UI (User Interface) layaknya tabel.

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolomnya hingga 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

Konon katanya jika di keluarkan dalam dunia nyata luasnya dapat membandingi luas samudra Atlantik. Hehe… (dengan catatan 1 cell =1 LCD Monitor)

Membantu Proses Menghitung
Hitungan memang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Contohnya saja saat kita bersekolah, saat kita melakukan transaksi jual-beli, maupun dalam penghitungan data. Kini Microsoft Office telah menyediakan suatu program untuk kita gunakan menghitung baik itu perhitungan dasar (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian) maupun pehitungan yang kompleks (faktor, akar kuadrat, dll).

Membuat Laporan Keuangan (General Ledger)
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan. Dengan menggunakan MS Excel semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

Itulah macam-macam fungsi MS Excel secara umum yang dapat kami jabarkan dalam artikel ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Baca juga >> Macam-macam rumus yang sering digunakan pada Excel