7 Tips Merawat Komputer dan Laptop tetap Awet yang Perlu Anda Tau

Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa Tips Merawat Computer agar Tetap Awet. Sebelumnya perlu di ketahui bahwa keawetan sebuah perangkat Gadged pada dasarnya tergantung pada siapa pemakainya, pengguna yang tidak hati-hati atau ceroboh dapat menyebabkan perangkat yang dimiliki menjadi cepat rusak.


Tips Merawat PC dan Laptop tetap Awet

Sehingga banyak orang yang menyalahkan bahwa gadget dari merk ini cepat rusak, merk X itu tidak awet, dan bla bla bla, keluhan semacam itu tidak semuanya benar dikarenakan faktor produk yang kurang baik. Karena pada umunya perusahaan juga menyediakan bagian QC (Quality Control) untuk menguji produk buatanya.

Barang yang keluar di pasaran adalah barang yang sudah lulus uji QC. Kerusakan yang terjadi mungkin saja karena ke cerobohan pengguna itu sendiri yang menggunakan perangkat tidak sesuai dengan prosedur yang telah di terapkan.


Maka dari itu salah satu kunci untuk menjaga keawetan sebuah perangkat Gadget (Ponsel, Laptop / PC, dll) berhati-hati dalam menggunakanya dan sesuai dengan prosedur yang di sediakan dalam buku manual penggunaan.

Berikut ini adalah 7 Tips Merawat PC atau Laptop agar tetap awet :

Perawatan pada PC

1. Perhatikan kebersihan tempat PC berada, usahakan PC berada dalam ruangan yang bebas dari debu dan kotoran. Kalau bisa tempatkan PC dalam ruangan ber AC.

2. Bersihkan CPU minimal 1 atau 2 bulan sekali. Kebersihan CPU sangat diperlukan agar kinerja PC bisa optimal. Pembersihan ini meliputi menghilangkan debu yang menempel pada Motherboard, saluran pendingin, Fan, Slot USB, Slot RAM,dll.

3. Cek kecepatan Fan, terutama Fan processor. Karena jika Fan sudah lemah maka PC akan cepat panas dan kinerjanya bisa tidak optimal.

4. Gunakan PSU (Power Supply Unit) True Power untuk menjaga ke awetan komponent-komponen pada PC, karena PSU yang abal-abal dapat menyebabkan pasokan daya yang kurang stabil dan akhirnya dapat merusak komponen yang ada dalam PC.

5. Pasang Stabilizer atau UPS untuk mendapatkan kesetabilan dan keamanan yang lebih dalam catu daya PC. Pemakaian UPS (Unit Power Saver) lebih disarankan karena jika mendadak listrik padam, maka PC tidak langsung mati tetapi akan diberikan waktu beberapa menit untuk proses Shut down.

6. Lakukan Restart PC jika sudah digunakan terlalu lama (lebih dari 5 jam berturut-turut). Seperti manusia jika dipaksa melakukan sesuatu terus menerus pasti akan jenuh, untuk menghilangkan kejenuhan perlu istirsahat sejenak. Maka computer juga memerlukan perlakuan yang sama.

7. Jangan paksa PC dengan spec rendah melakukan oprasi aplikasi yang berat, karena PC akan bekerja keras untuk melakukanya dan menimbulkan panas berlebih. Jika terpaksa harus menjalankan aplikasi yang berat, maka Upgrade beberapa komponen (Processor, RAM, dll) PC anda.

Perawatan pada Laptop

1. Sama seperti PC, menjaga kebersihan Laptop adalah hal yang utama untuk menjaga perangkat selalu dalam performance yang baik.

2. Gunakan Laptop dengan sewajarnya, jangan sambil di teteng kemana-mana agar keawetanya lebih terjaga. Usahakan di letakan diatas alas atau meja yang bebas debu dan kortoran.

3. Jangan sering menggunakan laptop dengan keadaan yang sedang di carger, dengan alasan menjaga ke awetan baterai. Jika terpaksa di pakai lebih baik baterai di lepas dan nyalakan dengan adaptor carger yang tersedia, tapi lebih baik juga jangan sering-sering seperti ini.

4. Saat Laptop menyala usahakan posisinya tegak dan jangan sampai miring apalagi terguncang (kusus pengguna laptop dengan HDD), karena HDD laptop berupa cakram yang dibaca dengan stylus dan dapat mengalami badsector jika terguncang atau mati mendadak. Silahkan anda baca lebih lanjut tentang prinsip kerja HDD.

5. Jika laptop anda sudah menggunakan SSD (Solid Sata Drive) maka anda dapat menggunakanya lebih leluasa, karena SSD tidak menggunakan cakram seperti HDD. Tapi juga diingat bahwa pemakaianya juga harus sebatas wajar.

6. Gunakan Cooling Pad untuk memudahkan Laptop membuang panas yang dihasilkan karena menjalankan program-program yang terinstal.

7. Jangan menyimpan Laptop pada tempat yang lembab untuk menghindari konsleting pada komponen dalam Laptop, dan juga munculnya jamur, serta hal lain yang tidak di inginkan.

Demikianlah Tips merawat PC atau Laptop agar tetap awet. Perlu di ingat kembali bahwa keawetan suatu perangkat tergantung penggunanya. Jika anda menggunakanya dengan hati-hati dan sesuai prosedur maka perangkat yang digunakan akan terhindar dari kerusakan karena Human Error.

Sampai disini dulu pembahasan kali ini, jangan lupa baca artikel yang lain untuk menambah pengetahuan anda seputar technologi elektronika dan perkembangannya. Baca Juga tentang > 
Bagaimana Komponent Elektonika Dapat Beroprasi.,??

Sekian, Terimakasih. Admin