Cara Membuat VU Meter Sendiri untuk Amplifier

Cara Membuat VU Meter Sendiri untuk Amplifier dengan desain kreativ
Rasanya kurang lengkap kalau membuat Power Ampli tanpa adanya salah satu aksesoris ini. Selain berfungsi untuk mengukur berapa dB power output dari Amplifier yang kita buat, VU meter juga dapat membuat penampilan Power Ampli kita menjadi lebih menarik. Karena display pada Vu meter akan bergerak naik dan turun selaras dengan power output yang dikeluarkan.

Kali ini saya akan berbagi info mengenai cara membuat Vu Meter Rakitan Sendiri menggunakan IC LM 3914. Akan tetapi lebih baik teman-teman melihat data sheet IC tersebut terlebih dahulu disini. Dalam perkembangannya VU Meter saat ini sangatlah bervariasi, mulai dari yang analog, semi-Digital, hingga yang Digital, dan bahkan sekarang ini ada yang sudah menggunakan LCD, seperti yang ada pada perangkat rekaman kelas advance, maupun pada sarana hiburan (Bar, Kafe, Discotic, dll).



Jika kita hendak membuat sebuah Power Ampli tentu saja memerlukan sebuah layout atau skematik. Sama halnya jika kita akan membuat VU Meter kita juga memerlukan layout/skematik, maka perhatikan skematik dibawah ini :
  • VU Meter Mono

Dengan IC LM 3914 kita hanya dapat membut sebuah VU Meter mono (hanya untuk 1 chanel R / L). Sehingga jika kita akan membutnya Stereo (untuk chanel R & L) maka kita membutuhkan dua buah IC LM 3914
  • VU Meter Stereo

Cara membuatnya sangatlah mudah, yaitu dengan mengubah skematik tersebut menjadi sebuah layout pada PCB. Cara mengubahnya anda dapat menggambarnya terlebih dahulu pada kertas milimeter blok atau jika sudah mahir bisa gambar langsung pada PCB nya. Cara yang lain adalah menggunakan software seperti PCB Wizard, Eagle, Proteus, dll.

Dalam pembuatan Layout diperlukan keuletan dan ketelitian serta kesabaran yang tinggi. Karena jika terjadi kesalahan dapat berakibat tidak berfungsinya VU Meter yang kita buat. Sebenarnya Prinsip kerja dari VU Meter adalah membandingkan tegangan Out Put dari power Ampli dengan Tegangan pembanding yang diambil dari tegangan suply melalui sebuah Resistor atau Potensio meter. Dalam IC LM 3914 sudah terdapat konector/pin untuk tegangan reverensi (Vref). maka dari itu baca lagi datasheet IC LM 3914 untuk lebih memahaminya.

Untuk mengetahui aksesoris-aksesoris lain yang di gunakan dalam merakit sound system sendiri, anda dapat membacanya pada artikel lain yang telah kami tulis beberapa waktu lalu.
Sekian Post kali ini, Semoga bermanfaat.

Selamat berkreasi.,.,.   :)