Kegunaan Multigate Pro XR dalam Peralatan Rekaman

Kegunaan Multigate Pro XR dalam Peralatan Rekaman
multi gate


Pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk membahas tetang kegunaan alat yang termasuk dalam sound Processor pada peralatan rekaman. Alat yang dimaksud adalah Multigate yang berarti Gerbang Serbaguna. Sesuai dengan namanya Multigate diguakan sebagai volume control otomatis. Karena Multigate bisa diseting hanya untuk memunculkan saura tertentu dan pada level tertentu. Ketika menerima trigger berupa suara, maka volume akan terbuka, dan ketika suara tidak ada, maka volume akan di tutup lagi begitu sinyal berada di bawah titik batas yang di tentukan.

Misal, Multigate dipasang pada Bass drum, ketika Bass drum tidak dibunyikan, maka tidak ada suara yang dilewatkan / volume ditutup secara otomatis. Akan tetapi jika Bass drum dibunyikan maka secara otomatis volume akan terbuka dan suara bass drum akan dilewatkan pada system. Sehingga suara yang dihasilkan pada saat Rekaman benar-benar bersih tanpa noise.

Selain digunakan untuk kontrol volume otomatis, Multigate juga dapat digunakan sebagai trigger untuk memunculkan efek suara tertentu ketika ada sinyal input yang masuk. Contohnya Multigate dipasang pada snare drum, ketika snare drum di bunyikan, maka Multigate akan mentrigger efek suara untuk mengeluarkan efek yang di inginkan.

Peralatan efek yang biasa digunakan adalah Synthesizer yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mensintesa atau merubah suara yang sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks. Ada 2 jenis Synthesizer yang biasa digunakan pada pembuatan rekaman. yaitu Synthesizer dengan system FM ( Frequency Modulation) untuk mensintesa suara, dan Synthesizer dengan system WT ( Wave Table ).

Synthesizer dengan system WT dapat mengeluarkan efek yang lebih banyak dan lebih kompleks dibandingkan Synthesizer dengan system FM. Karena Synthesizer WT memiliki lebih banyak sampel dai berbagai macam suara instrumen asli yang tersimpan dalam chip ROM-nya. Fitur inilah yang menyebabkan Synthesizer dengan system WT lebih mahal dibandingkan yang menggunakan system FM.




Kembali lagi pada pembahasan Multigate, terdapat beberapa istilah yang harus diperhatikan untuk dapat menggunakan Multigate dengan baik :
Treshold ( Ambang batas )

Dalam penggunaanya, Multigate menetapkan titik batas tertentu untuk tingkatan level sinyal yang akan dilewatkan ( open volume ), ataupun batas level sinyal untuk tidak dilewatkan ( close volume ).
Attack Time ( kecepatan/waktu yang diperlukan untuk membuka volume )


Seperti pada perangkat Mixer yang menggunakan system delay, pada Multigate juga dapat diatur waktu atau kecepatan untuk membuka volume sinyal yang hendak dilewatkan.


Release Time ( kecepatan/waktu yang diperlukan untuk menutup volume )


Sama halnya dengan Atack Time, Release Time digunakan untuk menentukan seberapa cepat volume ditutup kembali setelah tidak ada sinyal input.

Range ( Jarak )

Range adalah istilah untuk volume sinyal yang tidak sepenuhnya mati. Dalam pemilihan alat untuk rekaman, Sound Engineer professional tidak sembarangan dalam memilih alat. Mereka memilih alat yang dirancang khusus untuk professional sehingga hasil produksi rekamanya benar-benar bagus dan merkualitas. Contohnya adalah penggunaan Multigate Pro XR4400 Processor.


Fitur yang dimilik oleh Multigate Pro XR4400 Processor :
  • 4 separate UTR (Ultra Transient Response) expander/gate circuits
  • Extremely short attack time (<10 µsec.)
  • Super-precise parametric side chain filter with monitor function
  • New FlexLink system allows flexible master/slave configurations
  • 80 dB maximum attenuation
  • Adjustable IAC circuit eliminates clicks, pops and flatter
  • Adjustable hold and release parameters
  • "Traffic light" display for threshold working point, gain reduction display
  • Servo-balanced inputs and outputs
  • XLR and 1/4" TRS connectors
  • Manufactured under ISO9000 certified management system
Untuk lebih jelasnya tentang produk peralatan rekaman kunjungi www.americanmusical.com 

 
Mungkin sampai didini dahulu pembahasan kita kali ini. Jika memungkinkan bisa disambung lain waktu. Semoga yang sedikit diatas dapat memberikan manfaat untuk anda.


Terimakasih.