9 Distro Macam macam Sistem Oprasi Linux Terkenal

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang biasa digunakan dalam komputer atau laptop. Yang istimewa dari OS Linux dibanding dengan OS lain yaitu Linux adalah OS yang Open Source (bebas). Dengan kata lain siapa saja dapat memodifikasi atau mengembangkan OS ini.

Linux

Linux juga merupakan sistem operasi multiuser dan Multitask serta dapat berinteroperasi secara baik dengan system operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Linux sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang kompleks. Sistem operasi ini mencakup ratusan program, termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas.


Satu hal lain yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah harga. Linux ini lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi ada hal lain yang lebih utama selain pertimbangan harga yaitu mengenai source code. Source code Linux tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya.


Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA). Karena Linux itu tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distrbusi yang dapat dianggap sebagai versi kemasan Linux. 
Berikut adalah macam-macam Distro Linux :

1. Slackware

slackware
Distro paling tua, dibuat oleh Patrick Volkerding. Distro linux ini yang paling mirip UNIX. Rilis pertama adalah Juli 1993, dan rilis terakhir versi 10.2 , performanya bagus untuk komputer low end, cocok bagi yang sangat terbiasa dengan unix, tetapi kurang cocok untuk pemula. Turunannya cukup banyak salah satu contohnya adalah vector.

2. Debian

linux debian

Distro paling lengkap, yang dibuat oleh Ian dan kekasihnya Debbie, sehingga distro ini dinamakan Debian. Distro ini didukung oleh paling banyak hacker di dunia. Debian juga paling banyak paket programnya. Tetapi rilis stabil nya paling lelet rilis terakhir "sarge" versi 3r1. Sebanyak 14CD atau 2DVD, source nya sebanyak 15CD, 3DVD. Saat ini banyak turunan dari debian contoh terkenal adalah linux live cd knoppix, ubuntu.

3. Redhat

linux redhat
RedHat adalah pelopor distro linux user frendly, dibuat oleh Alan Cox. Redhat juga yang membuat proyek Gnome. Turunan nya banyak sekali contoh nya adalah Mandriva, Fedora dll. Saat ini Redhat fokus untuk komersial enterprise Linux, sedangkan untuk komunitas ada Fedora. Paket source dari Redhat sebenarnya free, jadi banyak yang porting dari RPMS redhat menjadi Distro lain contoh nya adalah CentOS, Tao, Whitebox.

4. SuSE/Novell

opensuse
Distro ini dikembangkan di Eropa, tepatnya di Jerman. Target pengguna adalah pemula sampai advance. Dahulu SuSE tidak menyediankan iso image untuk di download, jadi jika ingin menginstal harus konek internet, download disket boot dan install langsung dari Internet, maklum saja di Eropa jaringan internet nya sudah kenceng sampe ke rumah. Saat ini SuSE dibeli oleh Novell, berkerja sama juga dengan Sun Microsystem, sehingga desktop defaultnya adalah solaris 10 gnome. Baru-baru ini saja Suse mengeluarkan versi OpenSuSE yang bisa di download iso image nya.

5. Mandriva

mandriva
Distro paling user frendly ini dikembangkan di Prancis, dahulu nama nya Mandrake tapi karena ada masalah lisensi nama, kemudian namanya berubah menjadi mandriva setelah mengakuisisi Conectiva. Distro ini memakai paket mamager RPM, dan oleh mandriva di kembangkan menjadi urpmi. Target user nya pemula sampai advance, Mandriva juga banyak dipakai untuk komputer desktop. Untuk pemula tidak perlu kawatir sulit mengoprasikanya, karena instalasi nya mudah dan user frendly.

6. Gentoo

gentoo
Distro ini menyediakan compile di tempat. Artinya anda bisa mengoptimalkan distro linux untuk pc anda, pembuatnya pernah menjadi developer freebsd. Kemudian membuat paket manager yang mirip dengan freebsd untuk gentoo.

7. Knoppix

knoppix linux
Dibuat oleh Klaus Knopper,Jerman Distro ini dikembangkan dari debian, sehingga paket debian bisa di install ke knoppix. Distro ini paling enak dipakai, karena tidak perlu install ke hardisk, cukup masukan cd nya dan boot ke cd, bisa juga di install ke hardisk. Guna nya cukup banyak misalnya untuk demo program, sarana belajar linux dengan cepat. Bagi pemula yang takut install linux lebih baik belajar pake Knoppix.

8. Mepis & Xandros

mepis linux
Distro ini menyertakan paket yang instant misalnya flash, java, acrobat reader, mplayer, quicktime, serta nvidia driver. Distro ini dikembangkan dari debian.

9. Ubuntu

ubuntu
Distro ini lahir dari keinginan para pengembang Linux untuk menyajikan sebuah distro Linux yang mudah dipakai, handal, berkualitas, dan gratis. Ubuntu dapat dipakai baik untuk mesin yang berfungsi sebagai server maupun sebagai komputer desktop. Distro ini juga mendukung aneka prosesor yang ada di pasaran seperti Intel x86, AMD64, dan PowerPC


Keistimewaan sistem operasi Linux dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain, antara lain:

  • Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
  • Ketika program dijalankan, program dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.
  • Linux menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file. Linux mendukung struktur file yang bersifat hirarki. Linux adalah salah satu sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.
  • Selain multitasking, Linux juga dapat mendukung multiuser, yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan Linux juga mendukung multiconsole dimana pada saat bersamaan memungkinkan lebih satu user masuk ke dalam sistem. Akan tetapi yang paling istimewa Linux adalah Sistem Operasi berbasis Open Source, Open Source sendiri yaitu suatu program yang tidak berbayar alias gratis.
Selain keistimewaan dari OS Linux diatas, sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada kekurangan dan kelebihan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari OS Linux :

KELEBIHAN LAIN DARI OS LINUX:


1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.


2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.


3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.


KEKURANGAN LINUX:


1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.


2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.


3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


Note : Bagi teman-teman yang mau mendownload OS linux dari semua distro silahkan kunjungi situs resminya http://distrowatch.com/



Sekian post kali ini, jika ada kurangnya mohon di koreksi. Trimakasih semoga bermanfaat.